Rabu, 11 September 2013

Salah Kaprah tentang peta lidah

Selama ini kita tahu kalau peta lidah kita seperti gambar disamping. Tapi saya cari di internet banyak blog yang post kalau peta lidah yang digunakan itu salah! Bahkan ada buku pelajaran SMP yang mengatakan kalau teori itu salah.
Peta lidah pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Jerman bernama Hanig tahun 1901. Setelah dikaji 100 tahun, para ilmuwan menemukan bahwa peta lidah itu salah mereka menemukan bahwa seluruh lidah dapat merasakan semua rasa.
Karena saya penasaran, saya cari di internet dan tanya guru saya. Menurut guru Biologi saya sebenarnya peta lidah itu benar, hanya saja banyak yang menafsirkan kalau lidah hanya dapat merasakan satu rasa pada titik tertentu. Seluruh bagian lidah yang terdapat puting pengecapnya dapat merasakan seluruh jenis rasa. Tapi, bagian yang paling peka adalah seperti yang ditunjukkan peta lidah yang ditemukan Hanig.
Seperti halnya kuit, seluruh kulit dapat merasakan tekanan, tetapi yang paing sensitif adalah ujung jari. Kalo tidak percaya, coba pake ujung timun, kan pahit tuh, olesin ke seluruh lidah dari ujung lidah same belakang lidah, dijamin yang belakang pahitnya gak ilang-ilang. Bisa juga pake gula, olesin ke seluruh lidah, pasti yang ujung lebih gampang ngrasain manisnya. Coba juga pake garam.
Jadi, yang dimaksud pada peta lidah adalah bagian paling peka, bukan bagian itu yang cuma bisa merasakan rasa yang dimaksud. Sekarang paham LOE SEMUA??? Para blogger yang post kalo peta lidah itu salah!!!! Pikir Lagi Deh...
>

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar SPAM dan komentar yang mengandung unsur SARA, Porno atau hal-hal yang tidak pantas untuk publik lainnya

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Entri Populer

AD

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

Pengikut

Total Tayangan Halaman