Sabtu, 22 Maret 2014

Cara mengatasi Headset tidak berbunyi di windows setelah instal linux

Headset/Earphone yang tidak mengeluarkan bunyi setelah menginstal linux. Apakah anda mengalaminya? Saya mengalaminya. Padahal headsetnya masih bagus gak ada yang cacat. Kabelnya juga oke. Tapi kok gak bunyi. Saya punya solusinya.
Kalo kita pake speaker dalam laptop bunyinya keluar tapi kalo pake headset senyap. Kasus ini terjadi setelah saya instal dual bootning windows 8.1 dan Linux Mint 16 di laptop saya. Pas dipake di Linux headsetnya normal dan bisa bunyi tapi pas ganti ke windows headsetnya gak bunyi. Untuk mengatasi masalah ini saya browsing habis-habisan tapi gak nemu yang beneran berhasil. Mungkin mereka kasusnya beda sama saya. Kalo masalah ini katanya sering di Windows Vista katanya sound device outputnya kepilih speaker bukannya headset, jadi headsetnya gak bunyi.
Tapi di Windows saya biasanya otomatis langsung kedetek headsetnya. Semua settingan juga sudah saya cek dan gak ada yang salah. Di device manager juga kedetek audio devicenya. Tapi kenapa gak bunyi? Itulah masalahnya.
Saya sudah bilang kalo saya punya solusi dari masalah tersebut. Ini dia solusinya.
  1. Pastikan ikon speaker tidak di mute.
  2. Pastikan di volume mixer tidak ada yang mute (Cara buka volume mixer--> klik ikon speaker terus klik tulisan "Mixer" gambarnya kayak gini.

Kalo udah dicek speakernya sekarang cek headsetnya.
  1. Pastikan tidak ada kabel yang sobek.
  2. Pastikan headset anda berfungsi coba di linux atau komputer lain atau hp.
Kalo headset oke, sekarang coba restart komputer anda dengan kondisi headset terpasang. Kalo gagal, coba shutdown lalu hidupkan kembali dengan kondisi headset terpasang. Headset saya bunyi lagi setelah saya shutdown lalu saya hidupkan lagi dengan headset terpasang. Kalo masih gagal coba instal ulang drivernya.
Sekian artikel saya tentang  cara mengatasi Headset tidak berbunyi di windows setelah instal linux. Semoga bermanfaat A+Min.
>

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar SPAM dan komentar yang mengandung unsur SARA, Porno atau hal-hal yang tidak pantas untuk publik lainnya

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Entri Populer

AD

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

Pengikut

Total Tayangan Halaman