Kamis, 20 November 2014

Tanya Jawab Tentang Kentut (Bring Fart to Science)

Saya tahu postingan kali ini tentang "kentut" tapi, tetap jangan kentut sembarangan karena berbahaya buat orang sekitar dan lingkungan.
Kentut atau buang gas lewat dubur adalah hal yang wajar bagi manusia dan hewan, kentut juga bukan sesuatu yang harus ditanggapi serius, tetapi kalau sudah ada yang kentut biasanya mempengaruhi orang-orang disekitar kita.
Dalam postingan kali ini kentutlah yang menjadi tokoh utamanya. Sebelumnya pernahkah kalian berpikiran seperti ilmuwan yang sedang meneliti tentang kentut dan mengaitkannya dengan hal ilmiah? Mungkin sebagian besar jawaban kalian adalah "Tidak" karena buat apa juga mikirin kentut orang PR aja numpuk! Tapi, berpikir seperti "ilmuwan kentut" juga  bisa menjadi sebuah refreshing yang menarik.
Berawal dari sebuah buku komedi yang saya pinjam dari teman saya, saya menemukan sebuah topik yang menarik tentang kentut. Isi topik tersebut adalah tentang tanya jawab seputar kentut.
Langsung saja ke pertanyaan tentang kentunya.
  1. Darimana asal kentut? Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telah, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia, dan gas dari bakteri dalam perut.
  2. Apa komposisi kentut? Bervariasi. Makin banyak udara yang anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam perut (Oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbon dioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara yang tertelan, jenis bakteri dalam usus, dan berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa memiliki lebih banyak kadar oksigen dalam kentut karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.
  3. Kenapa kentut berbau busuk? Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur. Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut, dan makin busuklah kentut anda. Telur dan daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.
  4. Kenapa kentut menimbulkan bunyi? Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas.
  5. Kenapa kentut yang busuk itu hangat dan tidak bersuara? Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat, dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau  hanya kecil volumenya, tapi SBD (Silent But Deadly).
  6. Berapa banyak kentut dalam sehari? Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.
  7. Mengapa kentut keluar dari lubang dubur? Walau densitasnya lebih ringan, kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan keatas? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan sehingga memaksa isi usus, termasuk gasnya untuk bergerak ke kawasan bertekanan rendah, yaitu sekitar anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gas akan menerobos keatas lagi, tetapi tidak terlalu jauh karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.
  8. Berapa waktu yang diperlukan kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain? Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara "transmitter" dan "receiver". Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara untuk selamanya. Kecuali kalau athunda kentut di ruang sempit, seperti lift atau mobil. Konsentrasinya lebih banyak sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama sampai akhirnya diserap dinding.
  9. Apakah setiap orang kentut? Sudah pasti, bahkan sesaat setelah meninggal orang masih bisa kentut. Bayangkan jika anda layat ke suatu tempat lalu terdengar suara kentut dari jenazah bagaimana?
  10. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan? Tidak ada hubungannya dengan gender. Kalau benar, berarti perempuan menahan kentutnya dan saat kentut, kentutnya seperti bom.
  11. Kapan biasanya orang kentut? Pagi hari di toilet, yang disebut "morning thunder". Kalau resonansinya bagus, bisa terdengar di seluruh penjuru rumah.
  12. Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut? Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Gula tersebut (raffinose, tachiose, dan verbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora dan membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, dan susu juga penyebab sering kentut (bukan penyebab bau).
  13. Selain makanan, apa saja yang menyebabkan kentut? Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum minuman berkarbonasi, naik pesawat terbang (tekanan udara lebih rendah sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi dan muncul sebagai kentut).
  14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang? Tidak. Sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandung lebih banyak udara, kentut lebih banyak mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri. Yang sendawanya sama dengan kentut adalah kudanil karena lubang anusnya sempit sementara rongga perutnya sangat besar, sehingga udara dalam perutnya kembali naik dan kentut lewat mulutnya.
  15. Kemana perginya kentut bila ditahan dan tidak dikeluarkan? Kentut akan bermigrasi ke bagian atas menuju usus dan pada gilirannya akan keluar juga. Jadi, bukan lenyap, tapi hanya mengalami penundaan. Jika kentut tidak dikeluarkan, kentut akan berkumpul di usus dan tekanan di usus meningkat dan beresiko untuk "meletus" atau menimbulkan lubang di usus kemudian kotoran yang ada di usus akan keluar dari usus dan berkumpul di perut anda. Jika sudah begini tidak jalan lain kecuali segera operasi. Jadi, sebaiknya jangan menahan kentut. Katakan "permisi" atau ijin ke toilet bila sedang di kelas atau meeting.
  16. Mungkinkah kentut terbakar? Bisa saja. Kentut mengandung metana dan hidrogen yang mudah terbakar. Mungkin anda bisa membuat kompor kentut atau kendaraan dengan bahan bakar kentut hehe :D.
  17. Bisakah menyalakan korek api dengan kentut? Tidak. Suhunya juga tidak cukup untuk memulai pembakaran. Jika bisa, apakah anda berani mengambil resiko pantat anda terbakar saat menyalakan api dengan kentut?
  18. Mengapa kentut anjing dan kucing lebih busuk? Karena anjing dan kucing adalah karnivora. Dalam daging terdapat banyak protein, protein mengandung banyak sulfur. Jadi, bau kentut binatang ini lebih busuk.
  19. Betulkah bisa teler kalau mencium kentut 2-3 kali berturut-turut? Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja anda mengalami pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak.
  20. Apa warna kentut? Tidak berwarna. Kalau berwarna, kita tidak perlu teriak "Siapa yang KENTUT?".
  21. Kentut itu asam, basa, atau netral? Asam karena mengandung karbondioksida (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S).
  22. Apa yang terjadi jika seseorang kentut di planet Venus? Ada beberapa kemungkinan. Pertama, orang tersebut mati terbakar. Kedua, orang tersebut akan mencium kentutnya sendiri jika ia mengenakan pakaian pelindung. Ketiga, tidak ada pengaruhnya karena di Venus sudah banyak sulfur. Jadi, kentut disana juga percuma.
Sekian postingan bau ini.

Sumber : Buku "Seni Memengaruhi Orang dengan Tawa"
>

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar SPAM dan komentar yang mengandung unsur SARA, Porno atau hal-hal yang tidak pantas untuk publik lainnya

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Entri Populer

AD

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

Pengikut

Total Tayangan Halaman